Bagaimana Cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara Yang Alami dan Aman

Begini Cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara-Cara Yang Alami Yang Aman dan Sekaligus Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Anak

Bagaimana cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara yang Alami dan Aman

Memiliki anak yang aktif tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Bahkan mungkin semua orang tua sudah pasti menginginkan hal tersebut. Karena seperti yang kita tahu bahwa masa kanak – kanak merupakan fase dimana anak mulai mengenal lingkungan serta berbagai aktifitas maupun hal yang baru sehingga sangat wajar jika anak tersebut aktif karena rasa keingintahuan mereka. Namun tentunya sebagai orang tua anda harus tetap cermat apakah sikap aktif tersebut masih berada dalam konteks wajar ataukah sudah melebihi batas. Yang dimaksud dengan melebihi diatas adalah jika aktifitas fisiknya sudah berlebihan bahkan susah untuk diatur bahkan seringkali membuat keributan. Jika sudah seperti itu maka kemungkinan anak anda menderita hiperaktif sehingga sebaiknya anda memang harus segera mencari tahu mengenai bagaimana cara menangani anak hiperaktif.

Pengertian Hiperaktif

Bagaimana cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara yang Alami dan Aman

Sebelum anda mencari tahu bagaimana menangani anak yang hiperaktif ada baiknya anda perlu mengetahui definisi dari hiperaktif itu sendiri. Namun anda harus tahu bahwa aktif dan hiperaktif merupakan hal yang berbeda. Agar anda mampu membedakan antara anak yang aktifnya masih berada dalam koridor normal dan yang sudah cenderung ke arah hiperaktif, maka berikut penjelasannya.

  1. Anak Aktif

Anak yang aktif secara normal merupakan anak yang memiliki sikap aktif baik dalam bergerak maupun energi yang dimiliki untuk beraktifitas. Namun anak yang aktif secara wajar, kenakalannya masih dalam batas wajar sehingga anak tersebut masih bisa diatur.

  1. Anak Hiperaktif

Sedangkan pengertian anak hiperaktif merupakan anak yang memiliki sikap dan energi yang terlalu aktif. Sikap aktif yang berlebihan tersebut disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal sehingga menyebabkan anak menjadi hiperaktif dan susah untuk dikendalikan baik secara fisik maupun emosional.

Hiperaktif atau sering disebut juga dengan Attention Deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) merupakan sebuah kelainan yang terjadi pada anak dimana anak tersebut memiliki kecenderungan kesulitan dalam mengendalikan sikap, gerak dan juga emosi. Pemicu hiperaktif ini adalah terjadinya kelainan pada otak si anak akibat benturan, pengaruh lingkungan sekitar maupun memang cacat sejak anak tersebut masih dalam kandungan. Mengenai bagaimana cara menangani anak hiperaktif tentunya memerlukan perhatian dan penanganan khusus karena bisa dikatakan bahwa anak yang menderita hiperaktif ini memang kelainan baik secara fisik maupun psikis. Sehingga bagaimana menangani anak yang hiperaktif memang perlu diketahui oleh para orang tua, terlebih jika kebetulan anda memang memiliki anak yang menderita hiperaktif ini.

Ciri – Ciri Hiperaktif

Salah satu cara bagaimana cara menangani anak hiperaktif adalah dengan mengetahui ciri – cirinya. Ciri tersebut tentunya akan menjadi tanda yang bisa membantu anda bagaimana menangani anak yang hiperaktif. Ciri – ciri anak hiperaktif tersebut antara lain :

  1. Tanda Pada Fisik atau Tubuh

Biasanya anak yang hiperaktif akan mengalami beberapa kelainan dan gangguan pada fisik atau tubuhnya seperti :

  • Susah tidur dan beristirahat
  • Asma
  • Gangguan pada sistem pencernaannya
  • Selalu beraktifitas dan susah untuk tenang
  • Selalu mencari perhatian orang disekelilingnya
  • Suka berbicara dengan nada yang keras
  1. Tanda Pada Psikologis

Sedangkan dalam segi psikis, anak hiperaktif umumnya memiliki ciri :

  • Cenderung autis atau mengalami kesulitan untuk berinteraksi dengan teman
  • Kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu atau semua hal yang dikerjakan
  • Mudah bosan
  • Memiliki sifat yang begitu agresif
  • Suka memberontak dan tidak mau mengalah
  • Memiliki kesulitan dalam mengontrol emosi
  • Sulit untuk dikendalikan

Dengan mengetahui beberapa gejala atau tanda diatas, maka diharapkan anda sebagai orang tua bisa lebih peka sehingga bisa segera mengambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut sehingga hiperaktif pada si anak tidak akan semakin memburuk.

Penyebab Hiperaktif

Semua jenis penyakit dan kelainan memang selalu ada penyebabnya. Bagaimana cara menangani anak hiperaktif salah satunya yaitu dengan mengetahui apa sajakah yang menjadi faktor pemicunya. Dan berikut ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan Hiperaktif, antara lain:

  1. Faktor Keturunan

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa genetik memang mampu menjadi penyebab terjadinya suatu kelainan atau penyakit, termasuk dengan hiperaktif ini. Jika dalam keluarga anda terdapat anggota yang memiliki riwayat hiperaktif maka kemungkinan besar akan diturunkan pada salah satu anggota keluarga lainnya.

  1. Faktor yang Lain

Yang dimaksud dengan faktor lain disini adalah apabila ketika si ibu mengandung anak tersebut terdapat beberapa hal seperti :

  • Usia ibu yang terlalu muda ketika mengandung
  • Kebiasaan ibu yang suka merokok maupun mengkonsumsi alkohol
  • Proses persalinan yang berlangsung lama
  1. Faktor Dari Luar

Ternyata faktor dari luar juga ikut berpengaruh terhadap hiperaktif ini. Biasanya hiperaktif juga bisa disebabkan oleh asupan yang diberikan kepada anak setiap harinya. Bisa melalui makanan kemudian makanan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mempengaruhi otak si anak.

Ketiga faktor yang telah disebutkan diatas tentu membantu anda tentang bagaimana menangani anak yang hiperaktif sehingga anda bisa lebih waspada demi menghindari hal tersebut terjadi pada anak anda.

Cara Mengatasi Hiperaktif

Bagaimana cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara yang Alami dan Aman

Bagaimana cara Menangani Anak Hiperaktif Dengan Cara yang Alami dan Aman

Sebenarnya terdapat banyak cara bagaimana cara menangani anak hiperaktif.  Berikut beberapa diantaranya.

  1. Konsultasi Kepada Pakarnya

Hiperaktif bukan hanya sekedar kelainan pada tingkah laku saja namun secara tidak langsung memang sangat mempengaruhi kondisi emosional si anak. Tentu hal inilah yang menjadikan anak hiperaktif harus mendapatkan penanganan yang khusus. Oleh sebab itu sebaiknya anda melakukan konsultasi kepada ahlinya tentang apa saja yang haus anda lakukan untuk menangani anak yang memiliki kecenderungan hiperaktif tersebut.

  1. Memberikan Perhatian Khusus

Secara emosional anak hiperaktif memang memiliki emosi yang tidak stabil dan selelu ingin menjadi pusat perhatian. Oleh sebab itu anda juga harus memberikan perhatian khusus pada si anak. Usahakan untuk bertindak tegas agar si anak terbiasa untuk selalu disiplin. Selain itu anda juga harus selalu memantau keadaan si anak agar aktifitasnya selalu terkontrol. Disamping itu, anda juga harus memperhatikan asupan makanan si anak. Beberapa makanan yang dianjurkan untuk diberikan kepada anak hiperaktif antara lain :

  • Buah dan sayuran
  • Kacang – kacangan
  • Yogurt
  • Sereal
  1. Obat Herbal

450Bagaimana menangani anak yang hiperaktif selanjutnya yaitu dengan memberikannya obat herbal. TNM herbal dipercaya mampu mengobati hiperaktif secara alami dan aman. Bahannya yang aman tentunya tidak akan memberikan efek samping apapuun. TNM herbal ini juga telah memiliki sertifikat HALAL baik dari BPOM maupun MUI sehingga anda tak perlu lagi meragukan kualitasnya. TNM herbal merupakan cara tepat bagaimana cara menangani anak hiperaktif karena mampu membantu meningkatkan produksi melatonin dan seretonin di dalam otak sehingga si anak hiperaktif lebih mampu mengontrol emosinya. Dengan emosi yang terkontrol tentu akan membuat si anak lebih fokus. Selain itu juga mampu menghindarkan anak hiperaktif ini dari autisme. Untuk bisa membeli TNM herbal ini, pastikan anda hanya membelinya melalui http://vitaminanak.net/autis/.

4

Apa Itu TNM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNM Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

3

Hey, Apakah Anak atau Kenalan Anda Menderita Autis?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Masalah Autis Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Autis Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website vitamin anak autis

Mohon Diisi Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Semua Anak Autis Di Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Autis Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!